Rabu, 09 Mei 2012

Swingfog



 SWINGFOG

Swingfog adalah pengasapan insektisida dengan mesin swingfog dilaksanakan dengan cara menyemprotkan insektisida ke dalam bangunan rumah atau lingkungan sekitar rumah diharapkan nyamuk yang berada dihalaman maupun didalam rumah terpapar dengan isektisida dan dapat dibasmi. Upaya untuk menekan laju penularan penyakit DBD salah satunya ditunjukkan untuk mengurangi kepadatan vektor DBD secara kimiawi yang dikenal dengan istilah pengasapan (fogging) yaitu menggunakan alat yang diberi nama swingfog. Fogging adalah untuk membunuh sebagian besar vektor infektife dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan kepadatan vektor selama waktu yang cukup  sampai dimana pembawa virus tumbuh sendiri. Alat yang digunakan untuk fogging terdiri dari portable thermal fog machine  dan ultra low volume ground sprayer mounted.
Fogging yang efektif dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai dengan 10.00 dan sore hari pukul 15.00 sampai 17.00, bila dilakukan pada siang hari nyamuk sudah tidak beraktiftas dan asap fogging mudah menguap karena udara terlalu panas. Fogging sebaiknya jangan dilakukan pada keadaan hujan karena sia-sia saja melakukan pengasapan.
Fogging dapat memutuskan rantai penularan DBD dengan membunuh nyamuk dewasa yang mengandung virus . namun, fogging hanya efektif selama dua hari. Selain itu, jenis insektisida yang digunakan untuk fogging ini juga harus ganti-ganti untuk menghindari resistensi dari nyamuk.
Selama 40 tahun terakhir, bahan kimia telah digunakan untuk membasmi nyamuk bagi kesehatan masyarakat saat ini banyak bermunculan fenomena resistensi terhadap bahan insektisida yang umum digunakan, antara lain: malathion, temephos, tenthion, permethrin, profoxur, dan fenithrothion. Cara itu sangat lazim digunakan pada saat outbreak terutama pada bulam-bulan kritis seranga DBD. Walaupun bahan aktif yang digunakan itu tidak selalu efektif mengendalikan vektor karena dibeberapa tempat, Aedes sudah menunjukkan resistensi terhadap beberapa insektisida yang digunakan. Hampir semua populasi aedes aegypti menunjukkan ketahanan terhadap insektisida pyrethroid, permethrin, dan deltamethrin. Kalaupun pengasapan masih digunakan hasilnya hanya dapat menghalau atau membunuh naymuk dewasa tetapi tidak termasuk larvanya. Pengasapan dengan malathion 4 persen dengan pearut solar, yang dinilai masih efektif hanya mampu membunuh nyamuk dewasa pada radius 100-200 meter dari jarak terbang nyamuk yang hanya efektifitas satu sampai dua. Dalam kondisi seperti itu, penggunaan insektisida selain kurang efektif dan mahal juga berbahaya mterhadap kesehatan dan lingkungan.
Bahaya Fogging:
a)      Dapat mengganggu saluran pernapasan
b)      Bila dilakukan fogging terus menurun nyamuk dapat kebal terhadap bahan kimia.
c)      Dapat mengakibatkan keracunan terhadap makanan yang  terkena asap fogging.
Cara-cara Pelaksanaan Fogging:
Selama ini masyarakat begitu mengandalkan fogging untuk menekan laju penularan penyakit DBD. Karena itu ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui mengenai fogging  antara ain sebagai berikut:
a)      Bahwa fogging efektif untuk membasmi vektor  atau nyamuk Aedes agyepti  dewasa saja karena itu upaya fogging saja tidaklah terlal efekif untuk menekan laju penularan DBD  dimasyarakat meski tidak berarti upaya melakuka fogging sia-sia.
b)      efek fogging hanya efektif bertahan selama dua hari.
c)      selain itu, jenis insektisida yang dipergunnakan mesti diganti secara periodik untuk menghindari kekebalan (resistensi nyamuk Aedes)

            Hal-hal yang diperhatikan dalam pelaksanaan fogging dengan swingfog untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah sebagai berikut:
1.      Konsentrasi larutan dan cara pembuatannya. Untuk malathion, konsentrasi larutan adalah 4-5%.
2.      Nozzle yang dipakai harus sesuai dengan bahan pelarut yang digunakan dan debit keluaraan yang diinginkan.
3.      Jarak moncong mesin dengan target maksimal 100 meter.
4.      Kecepatan berjalan ketika memfogging, untuk swingfog kurang lebih 500 m2 atau 2/3 menit untuk satu rumah dan halamnnya.
5.      Waktu fogging disesuaikan dengan kepadatan/aktifitas puncak dari nyamuk, yaitu 06.00 sampai 10.00.
Dalam pelaksanaan foging ini pun telah diperhatikan hal-hal diatas shingga diharapkan hasilnya juga optimimum.


 Mesin pengabut SWINGFOG dengan bahan bakar bensin yang dikembangkan oleh MOTAN, bekerja berdasarkan prinsip semburan berpulsa. Campuran bahan bakar bensin dan udara secara berseri dibakar dalam ruang pembakaran yang berbentuk khusus pada getaran sekitar 90 pulsa per detik. Gas hasil pembakaran keluar melalui pipa yang lebih kecil dari ruang pembakaran. Larutan bahan kimia diujung resonator, lewat arus pulsa gas, kemudian pecah menjadi jutaan partikel kecil, dihembuskan ke udara dalam bentuk kabut tebal. Temperatur diujung resonator, tempat cairan bahan kimia mengalir berkisar antara 40 sampai 60 derajat Celcius tanpa mengurai komposisi bahan aktif, larutan bahan kimia yang terkena panas disini, tidak lebih dari 4 sampai 5 mili detik. Oleh sebab itu bahan kimia yang peka terhadap panas dapat dipakai.

            Pada sistem kerja mesin pengabut ini, tidak ada bagian bagian suku cadang yang bergerak. Tenaga listrik yang berasal dari 4 buah batu batere biasa, hanya digunakan untuk menghidupkan mesin.


Sugeng Abdullah,
“Praktikum PVBP”
,
33

10
Fogging
1. TEORIPengasapan atau fogging yang dimaksud, bertujuan untuk Menyebarkan pestisida ke udara/lingkungan melalui asap, yang diharapkan dapatmembunuh nyamuk dewasa (yang infektif), sehingga rantai penularan DHF bisa diputuskan dan populasinya secara keseluruhan akan menurun.Pengasapan dalam rangka pengendalian nyamuk vektor DHF, lazimnyadigunakan fog machine atau fog generator dengan spesifikasi dan persyaratantertentu. Ada dua jenis fog generator, yakni sistem panas (misalnya Pulsfog,swingfog) dan sistem dingin ( yaitu : ULV ground sprayer).Untuk memperoleh hasil yang optimum, beberapa hal yang perludiperhatikan sbb. :- Konsentrasi larutan/solusi, dalam hal ini perlu diperhatikan tentang dosisakhir (misal : konsentari solusi untuk Mala thion = 4-5% dan dosis = 438gr/ha) dan cara pembuatan larutan.- Nozzle yang dipakai harus sesuai dengan bahan pelarut yang digunakandan debit keluaran yang diinginkan- Jarak moncong mesin dengan obyek/target (max. 100 m, efektif 50 m).- kecepatan dan posisi berjalan ketika mem-fog.Untuk swingfog ñ 2-3 menit setiap 500 mý atau 2-3 menit untuk saturumah berikut halamannya, sedangkan untuk ulv 6-8 km/jam.- waktu fogging disesuaikan dengan kepadatan/aktifitas puncak dari vektor yang bersangkutan. Biasanya untuk AE jam 09.00 sampai 11.00- ulangan (cycle), biasanya dengan interval seminggu.- tenaga/operator, untuk sitem panas 2 orang per mesin. untuk sistem dingin3 orang per mesin.(Baca : PSBP tentang pengendalian DHF, Kimia/Fisika tentang perubahansifat fisik/kimia materi dan koloid)2. PROSEDUR KERJA2.1. Alat :- Fog mechine / Fog generator dan kelengkapannya- jerican plastik vol 20 liter - jerican plastik vol 5 liter - alat penakar satu liter 
Description: http://htmlimg1.scribdassets.com/7pztqkvy809u1b2/images/33-20b0aada73.jpgDescription: http://htmlimg1.scribdassets.com/7pztqkvy809u1b2/images/33-20b0aada73.jpg
Kalibrasi- Tangki bahan bakar diisi dengan bensin sebanyak volume tertentu,demikian juga tangki solusi diisi dengan solar yang telah diberi pewarna dengan volume tertentu.- Pasang nozle sesuai nomor/seri yang telah diten tukan. Demikian juga bateraynya.- Tempatkan fog machine pada lokasi yang telah ditentukan (sedapatmungkin hindarkan dari pengaruh angin).- Tempatkan kertas saring wathman didepan moncong fog machine dengan jarak yang berbeda-beda (±5- 100 m). Jangan lupa tuliskan jarak dimaksud pada masing-masing kertas saring.- Hidupkan mesin dan buka kran solusi. Catat waktu mulai mesin hidup danwaktu membuka kran solusi. Biarkan mesin hidup dan kran solusi membukaselama 30 menit.- Amati dan catat : kecepatan angin, suhu, kelemba ban, tinggi asap, jarak  jangkauan asap.- Setelah 30 menit mesin dimatikan, kemudian hitung jumlah bahan bakar dan solusi/solar yang digunakan dengan rumus :Volume dipakai = Volume awal - Volume sisa- Kertas saring wathman diambil, kemudian masing- masing dihitung noda-nona partikel fog dengan menggunakan mikroskop atau magnifier lens.Tentukan partikel fog per Cmý. Kerjakan dengan cara yang sama untuk nozle yang lain.
Membuat solusi (larutan pestisida)- Takar pestisida dan pelarutnya, sesuai dengan konsentrasi dan volumelarutan yang diinginkan, dengan rumus :SAQ = ---- dan P = A - QCQ : volume pestisida murni (konsentrasi tinggi)S : konsentrasi larutanA : volume larutanC : konsentrasi pestisidaP : volume pelarutKet. BJ diabaikan- Campurkan pestisida dan bahan pelarutnya pada jerican dan kocok hinggalarut merata.
Pelaksanaan fogging- Siapkan semua peralatan yang diperlukan dan periksa lokasi yang akandi fog.- masukan larutan pestisida, bensin dan bateray sesuai dengan tempatnya pada fog machine.- Pasanglah nozzle yang sesuai.- Hidupkan fog machine dengan cara :* Jika menggunakan mesin Puls FogBuka kran bensin secukupnya, kemudian tekan bulb (dipompa) beberapakali hingga mesin hidup.* Jika menggunakan mesin Swing Fog SN11Tutup kran bensin dan pompa 5 kali. Kran bensin dibuka, kemudian tekantombol starter bersama-sama dengan dipompa beberapa kali hingga mesinhidup.- Atur kran bensin dan katup udara hingga bunyi mesin terdengar normaldan stabil.- Angkat (gendong) fog machine, Arahkan moncong mesin ketempat-tempatyang akan di fog, dan moncong mesin dengan lantai diusahakan membentuk sudut lancip. Kemudian kran larutan dibuka, asap akan menyembur keluar dari moncong mesin.- Jika target sudah selesai, kran larutan ditutup kembali, hingga asap tidak lagi menyembur keluar dari moncong mesin. Matikan mesin dengan cara menutup kran bahan bakar. Pemeliharaan fog machine- Bilas tangki solusi dengan solar, kemudian hidupkan mesin dan kranlarutan dibuka hingga semua solar habis. Bersihkan mesin dengan serbetyang dibasahi solar.- Ambil sisa bahan bakar dan batu bateray. Simpan lah mesin di tempat yang aman.

1 komentar:

  1. Hard Rock Hotel Casino and Spa - Mapyro
    Find Harrah's Hotel and Casino 충청남도 출장샵 and Spa, Las 하남 출장안마 Vegas, Nevada, United 전주 출장마사지 States, 공주 출장마사지 ratings, photos, prices, expert advice, traveler reviews and tips, and 동해 출장안마 more information from

    BalasHapus